Sunday, December 13, 2009

ATI Radeon HD 5970

Hampir sebulan blog ini terbengkalai dikarenakan oleh satu dan lain hal yang menyebabkan gw tidak bisa sering2 posting. Padahal, bahan tulisan yang ada di kepala udah numpuk banget. So, sekarang saatnya gw nulis.. met baca :)

Di postingan awal2, gw pernah membahas tentang kartu grafis ATI HD Radeon 5870, kartu grafis single tercepat pada saat ini. Belum habis gw dibuai dengan fitur2 yang ditawarkannya, ternyata sekarang ATI (produsen kartu grafis) sudah mengeluarkan versi terbarunya, yakni ATI HD Radeon 5970. Kalau sebelumnya gw menyebutkan bahwa ATI HD Radeon 5870 adalah kartu grafis versi single yang tercepat, maka ATI Radeon HD 5970 adalah kartu grafis versi Dual GPU yang tercepat saat ini.

Pada kartu grafis ini ditanamkan 2 chip GPU RV870 dengan clock speed yg diturunkan dari versi aslinya (850 MHz) menjadi 750 MHz, ini dikarenakan untuk mengurangi kebutuhan daya (Watt/MHz). Demikian juga dengan memori, produk ini memiliki 2 GB DDR5 memori yang clock-nya diturunkan dari 1.200 MHz menjadi 1.000 MHz untuk alasan yang sama.
Dari segi ,,performance'' sampai saat ini belom ada yang bisa mengimbangi kehebatan ATI Radeon HD 5970 (benchmark bisa dilihat di youtube.com).

Semua fitur yang ada pada ATI Radeon HD 5870 juga dimiliki oleh ATI Radeon HD 5970, perbedaan yang terlihat sangat mencolok dari kartu grafis terbaru ini adalah ,,dimensinya''. Kalo menurut gw versi 5870 sudah terbilang ,,cukup'' panjang (+/- 28cm) sedangkan 5970 memiliki panjang +/- 31cm, jadi ga heran kalo kartu grafis ini juga mendapat gelar ,,kartu grafis terpanjang.'' =)

atas : ATI Radeon HD 5970; bawah : ATI Radeon HD 5870

Produk ini dibandrol dengan harga berkisar US $ 600, lumayan mahal menurut gw. Beda dengan versi 5870 sebelumnya, harga yang ditawarkan berkisar US $ 400 dan laku keras sampai2 ATI sendiri kewalahan untuk memenuhi permintaan pasar. Semenjak versi 5870 dilempar ke pasaran, agak sulit menemukan toko online yang memiliki stock, kebanyakan dari ,,mereka'' yg sudah memiliki versi 5870 telah memesan jauh2 hari.
Sangat disayangkan, sampai postingan ini gw tulis belum terdengar kabar dari saingan terbesar ATI yaitu NVIDIA. Yang gw denger cuma ,,planning'' NVIDIA untuk mengeluarkan next generation DirectX 11 GPU mereka (NVIDIA GeForce GT 3xx) pada awal tahun 2010.

@ ATI : keep up the good work!, turunin harga plisss :))))
@ NVIDIA : ditunggu produk kartu grafis terbarunya!!! biar ATI jadi turun harganya,,, lol :p

No comments:

Post a Comment