Sunday, November 15, 2009

ATI RADEON HD 5870 - The NVIDIA Killer!

Buat para gamers, nama ATI sudah tidak asing lagi di telinga, bahkan mungkin sudah banyak di antara kita yang menggunakannya. Selama ini yang kita tahu, produsen kartu grafis (graphic card) masih dipegang kuat oleh NVIDIA. Menurut gw, hal ini dikarenakan NVDIA gencar mengeluarkan kartu grafis high-end. Dari segi produk pun sebetulnya fitur-fitur yang ditawarkan oleh NVIDIA cukup bagus dan sangat mendukung untuk para gamers. Tapi sangat disayangkan dari segi harga, produk-produk keluaran NVIDIA cukup mahal.

Sebetulnya masih banyak produsen kartu grafis lain, selain NVIDIA, seperti: ATI, 3DLabs, Matrox, S3, dll. Sampai saat ini yang bisa mengimbangi (atau bahkan menandingi) NVIDIA hanyalah ATI (sumber). Apalagi semenjak ATI bergabung dengan produsen pembuat CPU ternama AMD. ATI banyak mengeluarkan produk-produk sekelas NVIDIA, baik untuk para pengguna workstation dan gamer enthusiast. Harga yang ditawarkan oleh ATI pun tidak semahal yang ditawarkan oleh NVIDIA.
Gw sendiri untuk PC di rumah menggunakan ATI HD 4870 X2 dan sangat puas dengan fitur-fitur yang ditawarkan dan performanya. Dibandingkan dengan kartu grafis keluaran NVIDIA yang terbaru ( NVIDIA GeForce 295 GTX), tentu saja masih kalah bagus.

Pada versi Windows 98 sampai dengan Windows Vista, pengolahan data 3D dikerjakan dan diatur oleh prosesor (CPU) dan kartu grafis, yang bekerja bersamaan. Hal ini menyebabkan berkurangnya kemampuan prosesor untuk melakukan tugasnya yang lain. Semenjak Windows 7 dirilis pada Oktober 2009, Microsoft sengaja mengeluarkan versi DirectX 11, dimana semua pengolahan (perhitungan) data-data gambar untuk 3D diambil alih sepenuhnya oleh prosesor kartu grafis (GPU).

Pada bulan yang sama, produsen kartu grafis ATI mengeluarkan seri terbarunya, yang dinamakan ATI HD 5870 dengan harga kurang lebih US $390 (menurut Amazon.com), sedangkan untuk mendapatkan produk terbaru dari NVIDIA (GeForce 295 GTX) harus rela merogoh kocek sekitar US $520.
ATI HD 5870 adalah satu-satunya kartu grafis yang mendukung penuh DirectX 11. Saat ini banyak game developer yang sedang berlomba-lomba mengembangkan (membuat) game yang dapat didukung oleh DirectX 11. Untuk gw pribadi, jelas lebih memilih untuk menggunakan ATI HD 5870 dibandingkan NVIDIA GeForce 295 GTX, karena bukan hanya lebih murah, tapi juga penggunaan listrik lebih hemat karena watt-nya yang lebih kecil baik pada waktu idle ataupun maksimal (GTX 295= 289 Watts, ATI 5870= 188 Watts). Salah satu fitur yang menarik dari ATI HD 5870 adalah ATI Eyefinity Technology, dimana para pemakai PC dapat menggunakan 6 Monitor sekaligus untuk 1 kartu grafis dengan masing-masing independent Desktop. Bayangkan kalau selama ini kita cuma mengenal Surround Sound, dengan ATI HD 5870 kita dapat menikmati Surround Sight. =)
Untuk membandingkan spesifikasi dan informasi lebih lengkap dari kedua produk ini, dapat dilihat di sini dan sini.

No comments:

Post a Comment