Monday, December 14, 2009

The End of TORRENT era???

Banyak dari kita yang mengenal Torrent dan bahkan menggunakannya tiap hari. Gw sendiri mulai menggunkan Torrent awal tahun 2004, sebelumnya file2 yang gw download dari internet biasanya gw dapet dari program peer 2 peer (p2p) seperti Napster, Azureus, LimeWire & Co.
Trend berkembangnya Torrent diawali dari bangkrutnya Napster tahun 2002, yang dimana pada tahun sebelumnya (2000) Napster dituntut oleh beberapa perusahaan rekaman di USA karena dianggap melanggar Hak Cipta.
Gw masih inget banget waktu itu gw ngedownload lagu2 masih memakai koneksi dial-up internet 56kbps Telkomnet Instant :))
Semenjak gw di Jerman, gw mendapatkan fasilitas internet yang jauh lebih baik, terutama pada saat gw masih di dorm. Informasi2 yang gw dapet mengenai Torrent berkembang pesat di negara ini, satu2nya website yang gw tau pada saat itu cuma supernova.org. Di situs ini disediakan berbagai macam file2 Torrent yang bisa didownload secara gratis (illegal pastinya :p) dari Musik, Games, Software dan Film2 Hollywood. Belum genap setahun gw menggunakan jasa Torrent yang disediakan di situs supernova.org, situs ini ditutup pada Desember 2004. Pada saat itu gw sempet panik dan bingung (lol), karena gw ga tau lagi harus ke situs mana lagi untuk bisa mendownload secara gratis.
Seperti moto perjuangan bangsa Indonesia di tahun '45 : Mati satu tumbuh seribu,,, xD begitu pula dengan situs2 penyedia Torrent. Banyak nama2 situs Internet penyedia Torrent yang bermunculan seperti Newnova.org (kopian dari supernova.org), mininova.org, elitetorrents.org, dsb. Sangat disayangkan umur situs2 ini gak terlalu lama, elitetorrents.org ditutup pd tahun 2005 dan Newnova.org ditutup pada tahun 2006.
Belum lama ini, tepatnya pada November 2009, para pencinta Torrent khususnya dari mininova.org(situs penyedia torrent terbesar) dihadapkan dengan realita yang cukup pahit. Mininova.org tidak lagi menyediakan torrent2 yang dianggap melanggar Hak Cipta, artinya gak ada lagi film2 Hollywood, lagu2 top 40 US Charts, Software2, Games, dsb. Alhasil 99,3% dari Torrent2 yang tersedia di database mininova.org di remove. hiks...
Sampai postingan ini gw tulis, mininova.org hanya menyediakan Torrent2 independent yang dikhususkan untuk mereka2 yang inigin mempromosikan hasil karyanya sendiri seperti musik, independent movies, tutorial2, dsb.
Untungnya semenjak Summer 2009 lalu gw sudah mulai menggunakan jasa Direct Download dari Rapidshare.com, walaupun gw harus rela membayar 7 euro perbulan, gw sangat puas dengan service yang diberikan.
So,, buat para Torrent mania, gw mengucapkan bela sungkawa yang sedalam2nya atas dihapuskannya Torrent2 ilegal dari mininova.org.. :((

2 comments: