Thursday, March 11, 2010

NVIDIA strikes back!!?

Setelah sekian lama gw absen di dunia Blogria, hari ini gw sempet2in buat 1 artikel tentang upcoming Grafic Card besutan produsen no. 1 di dunia 3D yakni NVIDIA.
Akhir tahun lalu gamers dimanjakan dengan pesona dari ATI Radeon HD 5800 series (ATI Eyefinity, ATI Stream Technology) dan pada awal 2010 ATI mengeluarkan versi dual GPU 5870 yaitu ATI Radeon HD 5970 yang sampai sekarang masih menempati tahta teratas baik di segi performance & fungsi.

Awal Maret ini, tepatnya tgl 2 - 6 Maret 2010 di Hannover Germany, diselenggarakan pameran akbar tahunan di bidang Komputer, IT & Telekomunikasi. Mungkin ada yang pernah dengar tentang CeBIT?? atau bahkan pernah berkunjung kesana??
CeBIT (Centrum für Büroautomation, Informationstechnologie & Telekommunikation)
Long story short,,
Salah satu peserta pameran di CeBIT 2010 adalah NVIDIA, disana mereka memamerkan kartu grafis (GeForce GTX 480) yang rencananya di keluarkan dalam waktu dekat ini. Produk terbaru yang akan mereka keluarkan adalah GeForce 4xx series, ntah kenapa mereka memberi nama seri produk terbarunya dengan awal angka 4 (mungkin karena seri 3xx dikhususkan untuk pasar Notebook ??).
Di CeBIT 2010 NVIDIA memamerkan produk terbarunya dengan sebuah game singkat, ''Supersonic Rocket Sled Demo'', dimana pada game tersebuk semua perhitungan gambar di layar monitor dilakukan secara ''real time''. Semua ini dimungkinkan karena pada chip GPU GeForce GTX 480 ditanamkan CUDA & PhysX accelerator.
GeForce GTX 480 dimotori oleh generasi GF100 chip ''Fermi'', NVIDIA sempat mem-benchmark sendiri kartu terbaru mereka dengan menggunakan Software Benchmarking ''Heaven'' dan membandingkannya dengan kartu grafis keluaran ATI, ATI Radeon HD 5870.



GeForce GTX 480 vs ATI Radeon HD 5870


Untuk detail lebih lanjut NVIDIA sendiri belum mengeluarkan statement mengenai Spesifikasi, Harga dan tanggal dilempar ke pasaran.

Bentuk fisik yang berhasil gw dapatkan dari tweakers.net

NVIDIA GTX 480

No comments:

Post a Comment